Selasa, 27 November 2012

Digital Teori (New Media) & Pemanfaatannya dalam Internet


 
TEORI DIGITAL
Sebelum memahami apa itu teori digital , sebaiknya kita tahu apa arti digital dalam artian yang sebenarnya.
Digital berasal dari bahasa yunani yaitu, kata digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah 10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0 , oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

TEORI DIGITAL (NEW MEDIA)
Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas . Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital selalu berhubungan dengan Media , mengapa ? , karena Media adalah sesuatu yang terus berkembang . Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya New Media /Media baru . New media / media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi manusia dengan teknologi.


MODERN MEDIA VS OLD MEDIA

Media Modern / New Media adalah media yang sedang berkembang saat ini dalam konteks teknologi,informasi maupun komunikasi. Media Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan Teknologi pada abad ini.

Contoh Media Modern / New Media :
1. Internet
2. Mobile Phone
3. Sosial Network
4. Web
5. Dsb

Old Media / Media Jadul adalah Media yang Lama atau jadul yang berkembang pada beberapa dekade lalu.old media adalah pelopor yang pertama kali dapat menghubungkan manusia dan memberikan informasi.

Contoh old media :
1. Koran
2. Radio
3. Televisi
4. Dsb

Televisi yang termasuk ke dalam Old Media masih tetap mampu bersaing dengan New media seperti Internet.

Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi. Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.

Read more: http://safemode.web.id/content/new-media#ixzz1ZS9k3Z5v

Tapi itulah perkembangan Zaman , “ datang yang baru , ditinggalkan lah yang lama “ .
Apapun Teori mengenai sudut pandang dari berbagai orang mengenai New Media, tetap saja sulit memperdebatkan bahwa media itu sendiri tidak mudah untuk berkembang walaupun bertahun-tahun lamanya, apapun efeknya yang Positif ataupun negatif, kita harus tetap memberikan apresiasi kepada semua yang telah membuat Media terus berkembang dan datangnya Era Digital.


 PEMANFAATANNYA (dalam bidang bisnis)

Trend Bisnis e-commerce
Bisnis internet merupakan bisnis yang tidak ubahnya dengan berbisinis secara konvensional seperti yang telah kita ketahui bersama. E-commerce merupakan perdagangan elektronik (terjemahan bebas) adalah kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian barang ataupun jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang termasuk ke dalam e-commerce contohnya adalah internet. Dalam e-commerce terdapat proses transaksi jual beli layaknya perdagangan konvensional, namun produk yang dijual belikan pada umumnya adalah produk digital yang mana produk tersebut dapat di transfer ke pembelinya dengan menggunakan media internet. Namun saat ini produk tangible juga bisa dijual secara online, hanya proses penjualan dan pembayarannya saja yang dilakukan secara online.

Para jurnalis dunia mengatakan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Tidak hanya secara internasional, di Indonesiapun pasti akan ikut merasakan manisnya sektor perekonomian ini.
e-commerce ini pada awalnya muncul pada tahun 1994. Pada awalnya kegiatan e-commerce ini muncul karena ada pemasang iklan yang memasangkan / menaruh e-banner (banner electronic), pemasang iklan yang menaruh banner pada salah satu situs portal di amerika dan banner tersebut akan mengantarkan kita ke situs pemasang iklan apabila kita meng-klik banner tersebut. Kita sebagai penelusur web akan disuguhi berbagai produk menarik dan dapat dibeli secara online. Setelah melakukan transaksi, yaitu, pemesanan dan pembayaran maka penjual akan mengirimkan produk tersebut ke alamat yang kita masukkan ke dalam database mereka.

Digital Market dan Transaksi Elektronik


Paypal
Indonesia mulai beberapa tahun ini sudah mulai memasuki era pasar digital, dimana konsumen Indonesia sudah banyak menggunakan media elektronik untuk melakukan proses jual beli, baik yang hanya sekedar melakukan pembayaran di ATM dan barang dikirim ke lokasi sampai melakukan proses pembayaran menggunakan dompet elektronik sepertiwww.paypal.com (international) atau denganwww.payglobalone.com(Indonesia) dan produk dapat di download, seperti e-book dan mp3 music, dll.
Perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini sudah banyak yang mulai melebarkan sayap marketingnya ke arah digital. Pasar digital di Indonesia mulai menanjak di tahun 2009 lalu dan pertumbuhannya juga cukup tinggi. Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pengetahuan di bidang teknologi khususnya teknologi internet menjadikan pendidikan internet untuk usia dini dilakukan di Indonesia, dengan demikian pasar digital di Indonesia menjadi sangat potensial untuk digarap.

Contoh perusahaan yang sudah menyadari akan besarnya potensi pasar digital di Indonesia, sebut saja www.beli-buku.com . mereka sadar akan besarnya potensi digital market atas buku, dengan adanya situs penjualan ini konsumen yang hendak membeli buku tetapi cukup malas untuk keluar rumah, disinilah tempatnya.. asyik bukan??.Gramedia Online
Begitu juga dengan toko buku gramedia, mereka memfasilitasi penjualan buku secara online melalui situs terbarunya yaitu www.gramediaonline.com yang mana pada situs terdahulunya yaitu, www.gramedia.com belum mensuport proses pembelian secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 27 November 2012

Digital Teori (New Media) & Pemanfaatannya dalam Internet


 
TEORI DIGITAL
Sebelum memahami apa itu teori digital , sebaiknya kita tahu apa arti digital dalam artian yang sebenarnya.
Digital berasal dari bahasa yunani yaitu, kata digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah 10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0 , oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

TEORI DIGITAL (NEW MEDIA)
Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas . Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital selalu berhubungan dengan Media , mengapa ? , karena Media adalah sesuatu yang terus berkembang . Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya New Media /Media baru . New media / media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi manusia dengan teknologi.


MODERN MEDIA VS OLD MEDIA

Media Modern / New Media adalah media yang sedang berkembang saat ini dalam konteks teknologi,informasi maupun komunikasi. Media Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan Teknologi pada abad ini.

Contoh Media Modern / New Media :
1. Internet
2. Mobile Phone
3. Sosial Network
4. Web
5. Dsb

Old Media / Media Jadul adalah Media yang Lama atau jadul yang berkembang pada beberapa dekade lalu.old media adalah pelopor yang pertama kali dapat menghubungkan manusia dan memberikan informasi.

Contoh old media :
1. Koran
2. Radio
3. Televisi
4. Dsb

Televisi yang termasuk ke dalam Old Media masih tetap mampu bersaing dengan New media seperti Internet.

Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi. Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.

Read more: http://safemode.web.id/content/new-media#ixzz1ZS9k3Z5v

Tapi itulah perkembangan Zaman , “ datang yang baru , ditinggalkan lah yang lama “ .
Apapun Teori mengenai sudut pandang dari berbagai orang mengenai New Media, tetap saja sulit memperdebatkan bahwa media itu sendiri tidak mudah untuk berkembang walaupun bertahun-tahun lamanya, apapun efeknya yang Positif ataupun negatif, kita harus tetap memberikan apresiasi kepada semua yang telah membuat Media terus berkembang dan datangnya Era Digital.


 PEMANFAATANNYA (dalam bidang bisnis)

Trend Bisnis e-commerce
Bisnis internet merupakan bisnis yang tidak ubahnya dengan berbisinis secara konvensional seperti yang telah kita ketahui bersama. E-commerce merupakan perdagangan elektronik (terjemahan bebas) adalah kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian barang ataupun jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang termasuk ke dalam e-commerce contohnya adalah internet. Dalam e-commerce terdapat proses transaksi jual beli layaknya perdagangan konvensional, namun produk yang dijual belikan pada umumnya adalah produk digital yang mana produk tersebut dapat di transfer ke pembelinya dengan menggunakan media internet. Namun saat ini produk tangible juga bisa dijual secara online, hanya proses penjualan dan pembayarannya saja yang dilakukan secara online.

Para jurnalis dunia mengatakan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Tidak hanya secara internasional, di Indonesiapun pasti akan ikut merasakan manisnya sektor perekonomian ini.
e-commerce ini pada awalnya muncul pada tahun 1994. Pada awalnya kegiatan e-commerce ini muncul karena ada pemasang iklan yang memasangkan / menaruh e-banner (banner electronic), pemasang iklan yang menaruh banner pada salah satu situs portal di amerika dan banner tersebut akan mengantarkan kita ke situs pemasang iklan apabila kita meng-klik banner tersebut. Kita sebagai penelusur web akan disuguhi berbagai produk menarik dan dapat dibeli secara online. Setelah melakukan transaksi, yaitu, pemesanan dan pembayaran maka penjual akan mengirimkan produk tersebut ke alamat yang kita masukkan ke dalam database mereka.

Digital Market dan Transaksi Elektronik


Paypal
Indonesia mulai beberapa tahun ini sudah mulai memasuki era pasar digital, dimana konsumen Indonesia sudah banyak menggunakan media elektronik untuk melakukan proses jual beli, baik yang hanya sekedar melakukan pembayaran di ATM dan barang dikirim ke lokasi sampai melakukan proses pembayaran menggunakan dompet elektronik sepertiwww.paypal.com (international) atau denganwww.payglobalone.com(Indonesia) dan produk dapat di download, seperti e-book dan mp3 music, dll.
Perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini sudah banyak yang mulai melebarkan sayap marketingnya ke arah digital. Pasar digital di Indonesia mulai menanjak di tahun 2009 lalu dan pertumbuhannya juga cukup tinggi. Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pengetahuan di bidang teknologi khususnya teknologi internet menjadikan pendidikan internet untuk usia dini dilakukan di Indonesia, dengan demikian pasar digital di Indonesia menjadi sangat potensial untuk digarap.

Contoh perusahaan yang sudah menyadari akan besarnya potensi pasar digital di Indonesia, sebut saja www.beli-buku.com . mereka sadar akan besarnya potensi digital market atas buku, dengan adanya situs penjualan ini konsumen yang hendak membeli buku tetapi cukup malas untuk keluar rumah, disinilah tempatnya.. asyik bukan??.Gramedia Online
Begitu juga dengan toko buku gramedia, mereka memfasilitasi penjualan buku secara online melalui situs terbarunya yaitu www.gramediaonline.com yang mana pada situs terdahulunya yaitu, www.gramedia.com belum mensuport proses pembelian secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar