TEORI
DIGITAL
Sebelum memahami apa itu teori digital
, sebaiknya kita tahu apa arti digital dalam artian yang sebenarnya.
Digital berasal dari bahasa yunani
yaitu, kata digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah
10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0 , oleh karena itu Digital merupakan
penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau
off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital
sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
TEORI
DIGITAL (NEW MEDIA)
Teori Digital adalah sebuah konsep
pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang
bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi
ringkas . Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang
membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital
selalu berhubungan dengan Media , mengapa ? , karena Media adalah sesuatu yang
terus berkembang . Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya
New Media /Media baru . New media / media baru adalah media yang terbentuk dari
interaksi manusia dengan teknologi.
MODERN
MEDIA VS OLD MEDIA
Media Modern / New Media adalah media
yang sedang berkembang saat ini dalam konteks teknologi,informasi maupun
komunikasi. Media Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia
dengan Manusia, dan Manusia dengan Teknologi pada abad ini.
Contoh Media Modern / New Media :
1. Internet
2. Mobile Phone
3. Sosial Network
4. Web
5. Dsb
Old Media / Media Jadul adalah Media
yang Lama atau jadul yang berkembang pada beberapa dekade lalu.old media adalah
pelopor yang pertama kali dapat menghubungkan manusia dan memberikan informasi.
Contoh old media :
1. Koran
2. Radio
3. Televisi
4. Dsb
Televisi yang termasuk ke dalam Old
Media masih tetap mampu bersaing dengan New media seperti Internet.
Selain teknologi, new media juga tidak
bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media
di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki
karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif
dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil
banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring
sosial macam facebook dan twitter.
Perkembangan teknologi komunikasi dan
informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah
keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi.
Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan
lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang
mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang
RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan
dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.
Read more:
http://safemode.web.id/content/new-media#ixzz1ZS9k3Z5v
Tapi itulah perkembangan Zaman , “
datang yang baru , ditinggalkan lah yang lama “ .
Apapun Teori mengenai sudut pandang
dari berbagai orang mengenai New Media, tetap saja sulit memperdebatkan bahwa
media itu sendiri tidak mudah untuk berkembang walaupun bertahun-tahun lamanya,
apapun efeknya yang Positif ataupun negatif, kita harus tetap memberikan apresiasi
kepada semua yang telah membuat Media terus berkembang dan datangnya Era
Digital.
PEMANFAATANNYA
(dalam bidang bisnis)
Trend Bisnis e-commerce
Bisnis internet merupakan bisnis yang
tidak ubahnya dengan berbisinis secara konvensional seperti yang telah kita
ketahui bersama. E-commerce merupakan perdagangan elektronik (terjemahan bebas)
adalah kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian barang ataupun jasa dengan
menggunakan media elektronik. Media elektronik yang termasuk ke dalam
e-commerce contohnya adalah internet. Dalam e-commerce terdapat proses
transaksi jual beli layaknya perdagangan konvensional, namun produk yang dijual
belikan pada umumnya adalah produk digital yang mana produk tersebut dapat di
transfer ke pembelinya dengan menggunakan media internet. Namun saat ini produk
tangible juga bisa dijual secara online, hanya proses penjualan dan
pembayarannya saja yang dilakukan secara online.
Para jurnalis dunia mengatakan bahwa
e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Tidak hanya secara internasional,
di Indonesiapun pasti akan ikut merasakan manisnya sektor perekonomian ini.
e-commerce ini pada awalnya muncul
pada tahun 1994. Pada awalnya kegiatan e-commerce ini muncul karena ada
pemasang iklan yang memasangkan / menaruh e-banner (banner electronic),
pemasang iklan yang menaruh banner pada salah satu situs portal di amerika dan
banner tersebut akan mengantarkan kita ke situs pemasang iklan apabila kita
meng-klik banner tersebut. Kita sebagai penelusur web akan disuguhi berbagai
produk menarik dan dapat dibeli secara online. Setelah melakukan transaksi,
yaitu, pemesanan dan pembayaran maka penjual akan mengirimkan produk tersebut
ke alamat yang kita masukkan ke dalam database mereka.
Digital Market dan Transaksi
Elektronik
Paypal
Indonesia mulai beberapa tahun ini
sudah mulai memasuki era pasar digital, dimana konsumen Indonesia sudah banyak
menggunakan media elektronik untuk melakukan proses jual beli, baik yang hanya
sekedar melakukan pembayaran di ATM dan barang dikirim ke lokasi sampai
melakukan proses pembayaran menggunakan dompet elektronik sepertiwww.paypal.com
(international) atau denganwww.payglobalone.com(Indonesia) dan produk dapat di
download, seperti e-book dan mp3 music, dll.
Perusahaan-perusahaan di Indonesia
saat ini sudah banyak yang mulai melebarkan sayap marketingnya ke arah digital.
Pasar digital di Indonesia mulai menanjak di tahun 2009 lalu dan pertumbuhannya
juga cukup tinggi. Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pengetahuan
di bidang teknologi khususnya teknologi internet menjadikan pendidikan internet
untuk usia dini dilakukan di Indonesia, dengan demikian pasar digital di
Indonesia menjadi sangat potensial untuk digarap.
Contoh perusahaan yang sudah menyadari
akan besarnya potensi pasar digital di Indonesia, sebut saja www.beli-buku.com
. mereka sadar akan besarnya potensi digital market atas buku, dengan adanya
situs penjualan ini konsumen yang hendak membeli buku tetapi cukup malas untuk
keluar rumah, disinilah tempatnya.. asyik bukan??.Gramedia Online
Begitu juga dengan toko buku gramedia,
mereka memfasilitasi penjualan buku secara online melalui situs terbarunya
yaitu www.gramediaonline.com yang mana pada situs terdahulunya yaitu,
www.gramedia.com belum mensuport proses pembelian secara online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar